Blog Oniaga

Tutorial Web Bisnis & Toko Online

Membangun Kepercayaan Dalam Bisnis Online

Bukan hanya dalam kehidupan sehari-hari, kepercayaan dalam bisnis juga sangat diperlukan. Terlebih lagi jika Anda menggeluti bisnis online yang tidak membutuhkan tatapan muka langsung dan cek kualitas barang secara nyata. Kejujuran Anda sebagai penggiat bisnis online sangat diperlukan. Membangun kepercayaan konsumen harus menjadi prioritas utama bagi Anda agar tidak kehilangan pelanggan.

Bagaimana cara Anda membangun kepercayaan konsumen dalam bisnis online ini?

Kejujuran dan kepercayaan merupakan modal utama yang harus Anda genggam dalam mengelola bisnis online Anda. Harga dari kedua prinsif ini akan sangat mahal. Karena ini bisa menjadi sebab akibat akan sukses dan gagalnya usaha Anda.

Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk membangun kepercayaan konsumen Online.

 

1. Keamanan transaksi

Sudah bukan hal baru banyaknya terjadi penipuan dalam berbisnis online. Banyaknya informasi yang menuding bahwa online shop itu bentuk suatu penipuan terselubung membuat para konsumen takut dan ragu untuk melakukan transaksi.

Melihat fenomena ini, dalam membangun kepercayaan konsumen Anda harus dapat menjamin keamanan bertransaksi mereka. Jika ingin bisnis Anda berkelanjutan, memastikan barang yang mereka pesan selamat dan sampai di tujuan harus benar-benar Anda perhatikan. Untuk awal, Anda bisa saja mengajukan rekening bersama untuk sistem pembayaran, sampai konsumen benar-benar yakin untuk bertransaksi langsung dengan Anda.

 

2. Berkata jujur akan kualitas produk

Mengatakan sebenarnya akan jaminan produk yang Anda miliki akan membangun kepercayaan konsumen. Jika produk Anda memiliki kualitas premium, maka katakanlah. Begitu juga sebaliknya, jika kualitas standar jangan berbohong hanya untuk menarik perhatian mereka untuk membeli.

Konsumen bukan orang bodoh yang menilai produk mewah dengan harga rendah. Mereka dapat menyesuaikan sendiri antara harga dan barang. Mengatakan hal yang sebenar-benarnya. Akan menghindarkan konsumen dari rasa penipuan.

3. Informatif

Berikanlah informasi yang berguna pada akun blog atau sosial media Anda. Ini akan membangun hubungan baik dengan konsumen Anda. Karena mereka tidak merasa selalu dijejali dengan iklan untuk mengajak mereka membeli

 

4. Menerima kritik dan saran

Tahan bantinglah terhadap setiap kritik yang diberikan oleh konsumen Anda. Terima dengan hati lapang dan tetap ramah. Jangan menangkis kritik mereka dengan membalas mereka dengan kata-kata yang pedas. Lebih baik lagi, Anda mencatat semua kritikan mereka sebagai pembelajaran untuk menutup celah kesalahan yang mungkin hanya mereka yang bisa merasakannya. Terimalah juga saran yang berikan sebagai bentuk peduli konsumen terhadap pembangunan bisnis Anda.

 

5. Cepat, mudah dan sederhana

Konsumen biasanya membutuhkan kemudahan dalam memesan barang online. Cara sederhana dari mulai melakukan proses order hingga barang sampai tujuan, akan membangun kepercayaan konsumen Anda. Selalulah cepat tanggap atas setiap pertanyaan konsumen yang terjadi selama proses transaksi terjadi.

Demikian tips yang bisa Anda lakukan untuk membangun kepercayaan konsumen dalam bisnis online. Semoga bisa bermanfaat dalam perkembangan bisnis Anda

One Response

Indah 1

Terima kasih untuk tips-tipsnya, kak?

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box




Chat Via Facebook Messanger